Tentang Insomnia

Nah penyakit kaya gini neh yang kadang-kadang ngikut kalo kita lagi stress dan ngak karuan. Bingung juga sich kenapa bisa muncul tanpa ngomong dulu ( ya iyalah masa penyakit bisa ngomong? Ngarang kali…)
Ato mungkin ada yang ngak tau nich apa itu insomnia. Wahaha…kemana aja pak..buk…
Nich gini nih menurut ilmu psikologi (hehe…)

Jadi, Insomnia tuh gangguan tidur yang umum terjadi. Yaitu secara terus menerus mengalami kesulitan tidur atau bangun terlalu cepat. Nah siapa tuh yang ngerasa kaya gitu…ngaku-ngaku…!! Jadi insomnia tu muncul sebagai reaksi terhadap perasaan yang meluap-luap atau gangguan emosional, atau mungkin terjadi sebagai cirri khas pola tidur individu yang relative tetap. Faktor-faktor psikologis yang bikin kita jadi insomnia tu bisa karna kegelisahan, ketakutan, perasaan bersalah, dan perasaan cemas atau stress sebagai antisipasi terhadap peristiwa-peristiwa yang akan datang. Antisipasi maksudnya?
Gini misalnya kita besok mau ujian skripsi (ceilah…) mau tidur aja masi mikir besok apa yang harus dilakuin…Besok kalo pengujinya bantai gmn ya? Ah besok aku harus gini nih..kalo nga ntar aku gini..padahal juga kita kan nga tau apa yang terjadi besok.ngapain capek2 mikir segala yak..Nah itu bisa bkin kebiasaan insomnia semakin menjadi-jadi tuh..Cape’ deh…
Bisa juga karna mengidentifikasikan konflik antara antara keinginan dan larangan larangan moral sebagai hal yang menyebabkan insomnia yang merupakan akibat dari perasaan bersalah dan takut dihukum (gitu katanya bapak Coleman, salah satu pakar psikologi).
Klo fisik bisa juga karna keletihan yang hebat, perubahan-perubahan perlengkapan tidur, perubahan-perubahan makanan utama sehari-hari, pemakaian obat perangsang yang berlebihan. Nah lho yang mana..
Solusi : Kalo bidang kedokteran bilang bisa dikurangi dengan menggunakan obat. Tapi harus dipikir ulang kalo penggunaan obat secara terus menerus tanpa menghilangkan penyebab yang mendasarinya sama aja boong pak..buk.. udah gitu obat bisaa membuat kita ketergantungan…wah wah lebih baik dihindari dah..
Nah kalo dari sudut pandang psikologi nih enaknya penyebab psikodinamik yang mendasari insomnia harus diketahui dan perawatannya harus diarahkan untuk menghilangkan atau menguranginya. Seringkali usaha terapi psikologi sangat berguna untuk menghilangkan insomnia ini. Tapi yang paling penting seseorang yang mengalami gangguan ini harus berusaha juga sebelum tidur pada malam hari berada dalam keadaan santai dan jangan mengamati jam atau menantikan saat tidur dengan gelisah..
Plus saranku juga,, biarkan semuanya mengalir apa adanya..klo seumpama insomnia kambuh..nikmati saja keadaan ‘gak bisa tidur’ kita bisa mengisi kegiatan yang lain asal jangan bengong or ngelamun. Ngerjain tugas, listen the favorit music, ato apalah yang asik2..Insya Allah ngantuknya cepet.. Semoga kita selalu dalam keadaan sehat selalu. Amin.